raskelinci ! sedia ! jamu ternak ! bibit kelinci rex ! pelet kelinci ! mesin cetak pelet ! mesin penepung n pencacah ! pupuk organik cair ! pupuk organik padat ! raskelinci ! sedia ! jamu ternak ! bibit kelinci rex ! pelet kelinci ! mesin cetak pelet ! mesin penepung n pencacah ! pupuk organik cair ! pupuk organik padat ! raskelinci ! sedia ! jamu ternak ! bibit kelinci rex ! pelet kelinci ! mesin cetak pelet ! mesin penepung n pencacah ! pupuk organik cair ! pupuk organik padat ! raskelinci ! sedia ! jamu ternak ! bibit kelinci rex ! pelet kelinci ! mesin cetak pelet ! mesin penepung n pencacah ! pupuk organik cair ! pupuk organik padat !

Minggu, 18 September 2011

OBAT OBATAN DAN VITAMIN KELINCI

Share on :

Obat-obatan dan vitamin yang wajib dimiliki




Memelihara kelinci merupakan kegiatan yang menyenangkan karena bisa untuk menghibur diri dengan melihat tingkah lakunya sekaligus bisa juga sebagai tambahan ekonomi. Di sisi lain kadang kita dipusingkan dengan kondisi kelinci yang tiba- tiba sakit bahkan mati mendadak. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor diantaranya faktor makanan (mengingat pencernakan kelinci yang peka terhadap makanan), perubahan cuaca serta akibat serangan penyakit.
Diluar faktor makanan tadi yang cukup dominan penyebab kematian pada kelinci adalah serangan cuaca serta perubahan cuaca. Kembung dan mencret merupakan faktor dominan yang menjadi penyebab utama kematian pada kelinci. Untuk selalu menjaga kesehatan kelinci diatas kami menyarankan agar kelinci secara berkala diberikan vitamin (misal vitamin B Komplek, Introvit 4WS, Nutristress, dsb) hal ini untuk menjaga kondisi kelinci agar fit serta tahan terhadap kondisi yang bisa memicu terjadinya stress dan penyakit.
Pencegahan lebih baik daripada mengobati, petuah ini memang layak dipraktekkan. Tetapi terkadang perlu juga ditambah dengan kata bijak "sedia payung sebelum hujan". Ya..persediaan obat-obatan sangat dianjurkan bagi peternak dan penghobi kelinci, terutama obat-obatan untuk mengatasi penyakit umum yang sering terjadi pada kelinci. Cukup banyak obat- obatan khusus kelinci yang tersedia di pasaran.

medicine

gbr. www.wixxrabbit.net

Beberapa Tips untuk persediaan obat-obatan :

  1. Sebaiknya pilihlah obat-obatan yang sudah teruji dipeternakan, alasannya sederhana.. peternak besar tentunya mempunyai investasi yang tidak sedikit untuk ternaknya dan mereka tidak akan main-main dengan obat yang tidak teruji keampuhannya karena bisa jadi bumerang bagi kelangsungan peternakannya. Ada sharing dari pecinta kelinci ketika kelincinya diare dia kasih obat yang dia beli dengan kandungan obat "A" ternyata tidak sembuh, dibawa ke dokter hewan dikasih obat lain (merk lain) tetapi kandungannya juga sama dan cepat sembuh. Jadi beli obat tidak asal murah tetapi yang jadi pilihan adalah kualitasnya dan sudah teruji depeternakan.
  2. Carilah obat yang sistem penggunaannya mudah dan efisien, ya kalau bisa sekali atau dua kali sudah bisa menyembuhkan kenapa tidak, daripada obat yang murah tetapi 1 atau 2 minggu baru sembuh, disamping repot juga selisih harga dengan obat yang berkualitas juga jadi sama aja.
  3. Idiom yang berkembang bahwa obat dengan cara suntik lebih efektif dibanding dengan cara oral sama sekali tidak benar. Dokter hewan jarang sekali melakukan pengobatan dengan cara menyuntik. Kalau ada obat alternative pengganti dari obat yang pemakaiannya injeksi/disuntikkan sebaiknya pilih yang pengaplikasiannya dengan cara oral/diminum. Khasiat obat oral bermutu sama saja dengan cara disuntikkan bahkan lebih baik dari obat suntik yang biasa saja. Pertimbangan lain adalah obat oral lebih murah (apalagi tidak perlu jarum suntik dan alkohol) dan aman termasuk Anda yang tidak mahir menggunakan jarum suntik.
  4. Aturan pakai serta dosis perlu diperhatikan, jangan asal saja karena dosis yang tidak sesuai mengakibatkan resistansi kelinci terhadap obat-obatan selanjutnya dan dapat juga mengganggu kesehatan kelinci itu sendiri.
  5. Simpanlah/stok obat-obatan umum yang biasa digunakan seperti (Obat scabies, Obat kembung, obat mencret, vitamin). Obat-obatan untuk kelinci yang bermutu mempunyai tanggal kedaluarsa yang cukup panjang ( 3 sampai 4 tahun). Jika harga obat untuk ukuran besar terasa mahal (karena obat yang bagus biasanya tersedia dalam kemasan besar) sebaiknya bisa berbagi dengan penghobi lainnya sehingga harga dapat terjangkau. Atau belilah ditempat-tempat yang dapat dipercaya tentang keaslian obat-obatan yang ditawarkan (penjual ini biasanya juga sebagai penghobi kelinci sehingga non profit oriented tetapi demi kemajuan kelinci di Indonesia).
  6. Jangan terpengaruh terhadap promosi obat-obatan yang ada. Kalau kita perhatikan sekarang lagi marak semua jenis obat, ada yang khusus untuk pilek, cacingan, mencret, kembung, scabies,etc. Semua dibuat khusus (sah-sah saja sih "just a bussiness"). Bagi orang awam, tentunya semua harus dibeli buat persediaan, padahal tidak harus begitu. Sebagai contoh obat Kepormec yang kami tawarkan fungsinya bisa untuk menyembuhkan scabies dan segala macam penyakit kulit (demodex, ear mite, dll), bahkan bisa juga untuk mengobati penyakit cacingan. Ada juga obat kami yang mempunyai khasiat multi guna yang digunakan untuk mengatasi kembung, mencret/diare, ileran, gangguan saluran pernafasan,CRD. Anda bisa menghemat duit kan.
  7. Cari info tentang lokasi dokter hewan di sekitar anda hal ini untuk penanganan lebih akurat terhadap penyakit2 yang kita tidak mampu menangani sendiri demi koleksi kesayangan kita. Atau info kontak person breeder yang dapat membantu memberi saran kepada Anda pada saat Anda membutuhkan
  8. Terakhir berdo'a baik untuk kesehatan kelinci maupun kesembuhan kelinci kita karena sebaik apapun perawatan kita, sebaik apapun obat yang kita berikan maka kesehatan dan kesembuhan datangnya dari Allah.

Sumber : Kelinci wong kito

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls